Posted by : Alpha Centauri Science Club Selasa, 21 Agustus 2012

Sampo herbal dari tanaman lidah buaya dan pandan ini terbukti aman bagi hewan kesayangan serta menghindarkan mereka dari berbagai penyakit.

 anjing mandi

Seperti manusia, hewan pun ingin tampil sehat dan cantik. Untuk itulah, mereka menginginkan perawatan dan pemeliharaan yang baik dari pemiliknya. Sayangnya, tidak semua pemilik paham bagaimana memperlakukan satwa dengan baik dan benar.
Salon-salon kecantikan yang dinilai mampu memberikan perawatan satwa dengan baik pun sudah berjamuran di berbagai daerah. Namun, dari salon kecantikan satwa tersebut, belum pernah ada yang mengembangkan produk herbal untuk perawatan satwa. Hal inilah yang mendorong kelima mahasiswa dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta untuk mengembangkan perawatan satwa dengan sampo herbal.
Yosafat Agung Setiadi, Muhammad Atma Setiadi, Martinus Prasetya Dwi Nugraha, Aprilia Dwi Arisanti, dan Handang Widantara inilah inovator muda yang berhasil menyabet emas dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) 2012 Juli lalu. Yosafat menjelaskan, keistimewaan dari produk herbal ini adalah tanpa bahan kimia sehingga tidak menyebabkan penyakit pada hewan kesayangan serta aman bagi lingkungan.
“Selama ini produk sampo untuk perawatan satwa banyak menggunakan zat kimia. Ini sering kali menyebabkan satwa alergi dan berpotensi untuk menularkan penyakit pada pemiliknya. Dengan produk herbal ini, satwa serta pemiliknya akan aman dari penyakit hewan,” papar Yosafat di Yogyakarta, Selasa (31/7).
Produk sampo herbal ini dibuat sendiri oleh mereka dengan menggunakan berbagai tanaman herbal seperti lidah buaya dan pandan. Sampo herbal ini terbukti tahan lama dan tidak menyebabkan bau apek pada hewan kesayangan.
Sementara itu, keunikan lain dari perawatan satwa yang dikembangkan oleh kelompok ini adalah cek kesehatan satwa dengan bekerjasama dengan dokter hewan, garansi kesehatan satwa selama 3 bulan, fasilitas antar jemput, serta konsultasi 24 jam. Perawatan satwa juga  dilakukan sesuai kondisi satwa yang bersangkutan.
“Dari salon kecantikan satwa seperti di Yogyakarta, banyak yang mengeluhkan tentang penanganan satwa yang tidak maksimal seperti  tidak bersih atau satwa sering sakit setelah dipercantik diri. Untuk itulah, kami ingin memberikan pelayanan sesuai dengan prosedur yang benar,” ungkapnya.
Perawatan satwa khususnya hewan kesayangan perlu dilakukan dengan benar. Hal ini dilakukan karena hewan kesayangan juga memiliki insting untuk tampil cantik. Tak hanya itu, jika perawatan tidak benar maka hewan ini berpotensi menularkan penyakit hewan pada manusia.
Dokter Hewan dari Klinik Hewan Bagaswara, Arif Kurniawan mengaku bahwa inovasi sampo herbal untuk perawatan hewan kesayangan layak untuk dikembangkan secara massal. Sampo herbal terbukti aman untuk hewan dan lebih tahan lama.
“Sampai saat ini banyak salon kecantikan satwa yang menggunakan bahan kimia untuk memandikan hewan. Bahan kimia terbukti tidak aman untuk hewan dan juga lebih berdampak negatif bagi lingkungan,” paparnya.

 

Rotating X-Steel Pointer

- Copyright © KIR MIPA Spensaka - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -