Posted by : Alpha Centauri Science Club Rabu, 14 Agustus 2013

KIR MIPA SMPN 1 Kalijati - Beberapa orang awam mungkin terkejut melihat Bulan yang nampak di langit siang hari, bahkan sampai ada yang mengira itu bukan Bulan.

Kenapa bisa sampai ada yang terkejut? Ini dikarenakan kesalahan dalam pemahaman astronominya, bahwa menganggap Bulan hanya muncul di malam hari. Apa Anda juga orang yang salah pemahaman?

Mengapa kita bisa melihat Bulan di siang hari? Karena dua faktor ini: kecerahan Bulan dan orbitnya di sekitar Bumi. Kedua hal ini memungkinkan Bulan masih akan dilihat pada siang hari.

Bulan adalah obyek paling terang di langit setelah Matahari. Ini karena Bulan merupakan objek langit terdekat dengan Bumi jika dibandingkan dengan objek langit apapun. Termasuk Matahari.

Matahari terang karena membakar sejumlah besar hidrogen sehingga benar-benar tidak membutuhkan jarak dekat dengan Bumi untuk dilihat. Kedekatan Bulan membuatnya mudah untuk dilihat pada siang hari.

Alasan kedua adalah reflektivitasnya. Kebanyakan dari kita mungkin tidak tau jika cahaya Bulan berasal dari Matahari. Permukaan Bulan yang terdiri dari silikat pada dasarnya adalah cermin besar yang memantulkan kembali cahaya Matahari dari sisi lain Bumi.

Alasan lain adalah orbit Bulan yang mengelilingi Bumi.

Pada fase Bulan Purnama, Bulan persis di seberang Matahari. Namun saat fase Bulan Baru, Bulan di 'depan' Matahari. Hal ini dapat membuat Bulan tidak terlihat pada malam hari tetapi membuatnya lebih terlihat di siang hari.

Jadi itulah mengapa kita bisa melihat Bulan di siang hari. Bulan sangat reflektif dan dekat dengan Bumi sehingga bisa terlihat baik siang dan malam.

Orbitnya juga meningkatkan visibilitas karena Bulan akan dekat dengan Matahari pada fase-fase awal dari fase Bulan sehingga meningkatkan visibilitasnya di siang hari.

Referensi : http://www.infoastronomy.co.vu/2013/08/kenapa-bulan-bisa-terlihat-di-langit-siang.html


Rotating X-Steel Pointer

- Copyright © KIR MIPA Spensaka - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -